Selasa, 13 Maret 2012

Fenomena Sun Dogs


Fenomena aneh yang sempat membuat heboh warga di China, karena dianggap sebagai pertanda akhir dari dunia ini, ternyata adalah sebuah fenomena yang biasa dan sudah pernah terjadi sebelumnya. Bahkan Seorang fotografer asal Bristol, Adam Gasson, pernah mengabadikan fenomena Sundog di sebuah pantai wilayah utara Cowes, Isle of Wight, Inggris, yang tampak pada Sabtu (5/3/2011). Gasson mengatakan, "Saya melihat sundog itu melayang di langit dan saya berpikir, ini pasti sesuatu yang spesial. Cara sundog itu melayang di langit membuatnya bagaikan UFO."
"Sundog itu bertahan di langit ketika saya melihatnya selama lebih kurang 20 menit. Ia tampak sangat terang dan merupakan salah satu hal terindah yang pernah saya saksikan. Sun dogs adalah nama yang di berikan oleh para ahli Sains yang menyebut sebuah fenomena matahari kembar ini yang juga muncul bersamaan dengan Parhelic Circle.  


Parhelic Circle



  
jika Kristal tersusun secara random maka terbentuklah halo matahari. Namun, jika kristal tersusun berlapis, maka cahaya matahari akan dibelokkan horizontal dan sundog terbentuk. Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika ia berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika ia semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru. Sedangkan pengertian Parhelic Circle adalah lengkung berwarna putih yang menembus matahari. Walaupun seringkali hanya terlihat sepotong, kadang, garis lengkung ini bisa membentuk sebuah lingkaran sempurna di langit. Sama seperti Sun Dog, Parhelic Circle juga terbentuk karena cahaya matahari yang dibelokkan oleh es kristal hexagonal. Namun, jika untuk mendapatkan Sun Dog kita harus memiliki es kristal hexagonal yang horizontal, maka untuk mendapatkan Parhelic Circle, es kristal hexagonal tersebut harus berada pada posisi vertikal atau hampir vertikal.

            Kesimpulannya, fenomena Sun dogs yang sempat menghebohkan, tidak lebih dari sebuah fenomena alam biasa yang sudah sangat terkenal di dunia sains. Memang kebanyakan dari masyarakat yang masih awam akan sulit menerima dan bahkan sulit untuk menjelaskan proses terjadinya sebuah ilusi optik di atmosfer tersebut. Sehingga munculah anggapan beragam dari masyarakat tentang fenomena sun dogs tanpa mengetahui fakta yang terjadi di balik peristiwa tersebut. 

Referensi :
oediku.wordpress.com/2011/07/.../10-fenomena-alam-teraneh-di-dunia
Fenomena Matahari Kembar Sun Dog Dan Parhelic Circle Matahari Terlihat Memiliki Anak Yang Banyak ~ Terbaca.com
www.terbaca.com/.../fenomena-matahari-kembar-sun-dog-dan.html
sains.kompas.com/read/.../Fenomena.Sundog.Tampak.bagai.UFO
xfile-enigma.blogspot.com

un2kmu.wordpress.com


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.


Pengikut

About Me

Foto Saya
diah ayu eka
Indonesia
saya adalah mahasiswi di universitas gunadarma yang bercita-cita pergi ke Jepang. motto hidupku adalah berbeda tidak selamanya bagus tetapi yang terbaik selalu berbeda. Yoroshiku...^o^
Lihat profil lengkapku