Kamis, 29 November 2012

Jejaring Sosial Bak dua Mata Pisau




Social Network atau jejaring sosial adalah salah satu fasilitas yang tersedia bagi pengguna internet, dengan bentuk berupa komunitas di internet yang saling terhubung dengan cepat. Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (berupa Individu dan organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman dan lain-lain.  


            Pada dasarnya, jejaring sosial yang sangat fenomenal saat ini, digunakan untuk menjalin hubungan dengan orang lain melalui situs jejaring sosial yang tersedia di internet, yang bisa diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Jejaring sosial ini lahir dari kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial, dimana kita membutuhkan orang lain untuk berbagai satu sama lain, kebutuhan untuk berafiliasi dapat menumbuhkan sebuah motivasi bagi kita dan mendapat pengakuan mereka tentang keberadaan kita, merupakan hal yang penting untuk hidup di masyarakat. Oleh sebab itu, tidak heran bila saat ini jejaring sosial sudah seperti kebutuhan pokok yang harus terpenuhi, hingga muncul sebuah fenomena psikologis berupa kecanduan jejaring sosial.
            Para peneliti dari University of Chicago Booth School of Business, melakukan survey pada 250 partisipan dengan memberikan mereka perangkat yang mencatat 8000 laporan mengenai hasrat mereka setiap hari. Hasilnya menunjukan bahwa mengecek jejaring sosial untuk update lebih sulit dihilangkan ketimbangan alkohol dan rokok (M.okezone.com). Data tersebut menunjukan jika jejaring sosial telah beralih fungsi, dari yang semula sebagai situs memperkenalkan diri kepada orang lain dan juga sebagai situs yang dapat menambah teman atau mempertemukan teman lama, kini menjadi situs yang mendekatkan orang yang jauh dan menjauhkan kita dari orang terdekat.
            Maka dari itu, dalam menggunakan jejaring sosial butuh suatu kebijaksanaan untuk tetap dapat memanfaatkan jejaring sosial tanpa dimanfaatkan, karena sangat tidak lucu, apabila ketika kita memperbanyak afiliansi melalui jejaring sosial disaat bersamaan kita malah memutuskan afiliansi dunia nyata kita.

referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-jejaring-sosial-2/

http://sosbud.kompasiana.com/2010/14/15/manfaat-jejaring-sosial

http://terisicyber75.blogspot.com/2012/01/definisi-jejaring-sosial.html


http://www.infospesial.net/techno/dampak-negatif-facebook-bagi-anak-anak/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.


Pengikut

About Me

Foto Saya
diah ayu eka
Indonesia
saya adalah mahasiswi di universitas gunadarma yang bercita-cita pergi ke Jepang. motto hidupku adalah berbeda tidak selamanya bagus tetapi yang terbaik selalu berbeda. Yoroshiku...^o^
Lihat profil lengkapku